Literature Review: Technology-Based Educational Management in Learning

Authors

  • Ninda Yenisa Universitas Semarang
  • Naira Anzila Putri Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.62951/ijeepa.v1i3.358

Keywords:

access gap, educational technology, inclusive education, interactive learning, student motivation

Abstract

Modern education has undergone significant transformation with the integration of technology into learning. Technology plays a crucial role in enhancing motivation, creativity, and learning effectiveness through interactive media, digital applications, and online platforms. This review employs a literature study method to analyze the impact of technology on learning processes. The analysis reveals that technology facilitates access to information, increases student engagement, and enriches teaching strategies. However, challenges such as technological access gaps in remote areas, limited teacher competencies, and potential negative impacts like internet addiction and reduced communication skills persist. Hence, strategic approaches, including teacher training and infrastructure development, are needed. This study highlights the importance of wise implementation of technology to support inclusive and sustainable education.

References

Amelia, S., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Pembelajaran Ilmu Teknologi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 146- 155.

Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253-7261.

Fahlevi, M. R. (2022). Studi Literatur: Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkembangkan Number Sense Siswa. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(1), 42-58.

Hasan, N., Soewarno, N., & Isnalita, N. I. D. N. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Kajian Akuntansi, 3(1), 26-37.

Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas pengaruh penggunaan teknologi augmented reality dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328-340.

Huraerah, A. J. A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2024). Pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap pendidikan indonesia. Journal of Islamic Education Policy, 8(2).

Imawan, M., Pettalongi, A., & Nurdin, N. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 2(1), 323-328.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.

Megahantara, G. S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 88-100.

Melati, E., Kurniawan, M., Marlina, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14-20.

Mulyosari, E. T., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2395-2405.

Nathaniela, H., & Esfandiari, N. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, 1(1), 1-6.

Nurafida, D., Astanto, S., Effendi, I., Tahar, S., & Wirasati, W. (2022). Penurunan Pemahaman Belajar (Learning Loss) Siswa Akibat Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 102-109.

Nusaibah, A. W. N., & Bustam, B. M. R. B. (2023). Urgensi Teknologi URGENSI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MEWUJUDKAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR & PENDIDIKAN ISLAM YANG BERKEMAJUAN: Pemanfaatan

Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam, Urgensi Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 8(2), 32-48.

Pengaruh Tekonologi Pembelajaran Kuliah Onlin di Era Covid-19 dan Dampaknya terhadap Mental Mahasiswa

Ruswan, A., Rosmana, P. S., Nafira, A., Khaerunnisa, H., Habibina, I. Z., Alqindy, K. K., ... & Syavaqilah, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4007-4016.

Sari, Milya dan Asmendri, “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA,” Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): hlm. 43.-60.

Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021, October). Pengaruh penguasaan it guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi. In Forum Paedagogik (Vol. 12, No. 2, pp. 201-215).

Siddik. Mohd, Akmal Nasution, Adi Prijuna Lubis. (2023). Utilization of Informaation Technology in Online Learning.Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, Vol 3 (No 2), 2807-7253.

Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis pengaruh penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31-38.

Subadre, W., Jufri, A. W., & Karta, I. W. (2023). Pengaruh sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara tahun 2022. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(1), 1-9.

Subhan, A. (2023). Etika Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(5), 3723-3730.

Subhan, A. (2023). Etika Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(5), 3723-3730.

Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480.

Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5), 25-35.

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470.

Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh e-learning sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 13(1), 1-5.

Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh e-learning sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 13(1), 1-5.

Wahyuni, S., & Neni, N. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Agama Islam di Era Digital. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(2), 81-90.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2).

Zabir, A. (2018). Pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran Terhadap motivasi belajar siswa smpn 1 lanrisang Kabupaten pinrang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61- 78.

Downloads

Published

2025-07-16