Pedagogic, Personality, Social, and Professional Competence Influences on Elementary Students’ Social Studies Interest
DOI:
https://doi.org/10.62951/ijsie.v2i2.266Keywords:
Learning Interest, Social Studies, Pedagogical Skills, Teacher QualitiesAbstract
This study explores the impact of pedagogical, personality, social, and professional competencies on students' interest in Social Studies learning in Grade V at SD Inpres Bukkangraki, Bajeng District. Using a quantitative method with total sampling of 28 students, data were obtained via questionnaires and analyzed through multiple regression using SPSS 26. The study confirms that all four competencies have a significant and positive effect on students’ learning interest, both partially and simultaneously. Among these, pedagogical competence has the most dominant effect, emphasizing the importance of teaching strategies in cultivating student interest.
References
M. Abror, *Psikologi umum*. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
K. Arbi, *Psikologi pendidikan untuk guru*. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Djaali, *Psikologi pendidikan*. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
W. Gulo, *Strategi belajar mengajar*. Jakarta: Grasindo, 2002.
S. Hendriani and R. Lestari, "Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SMAN 8 Pekanbaru," *Jurnal Ekonomi*, vol. 21, no. 4, pp. 134–145, 2013.
M. A. Herriyan, R. Zulfikar, and M. Syaifullah, "Kepribadian guru dalam perspektif Islam," *Jurnal Tarbawi*, vol. 6, no. 1, pp. 35–46, 2017.
I. K. Wardani, "Pengaruh supervisi akademik, kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru terhadap kinerja guru SMP se-Kecamatan Ulaweng di Kabupaten Bone," Tesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2021.
Imadudin, "Pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru SMKS TI Pelita Nusantara Kediri," *Jurnal Ilmu Pendidikan*, vol. 3, no. 2, pp. 123–130, 2017.
Janawi, *Kompetensi guru profesional*. Jakarta: Kencana, 2012.
J. Musfah, *Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik*. Jakarta: Kencana, 2011.
Kompri, *Motivasi pembelajaran: Perspektif guru dan siswa*. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
S. Krisnawati, Yulaeha, and K. Budiastra, "Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar," *Jurnal Bacedu*, vol. 6, no. 1, pp. 1116–1124, 2022.
M. J. Langveld, *Asas-asas pedagogik*. Jakarta: PT Gramedia, 1980.
M. D. Lewis, *The development of emotional intelligence and interest in learning*. New York: Guilford Press, 2009.
A. Majid, *Perencanaan pembelajaran: Mengembangkan standar kompetensi guru*. Bandung: Remaja Rosdakarya, n.d.
Melly, "Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Banyuasin," *Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran*, vol. 13, no. 2, pp. 75–84, 2019.
S. Muchlas, *Kepribadian guru dan prestasi belajar siswa*. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
M. Syah, *Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru*. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
E. Mulyasa, *Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan*. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
National Education Standards Board, *Standar kompetensi dan kualifikasi guru*. Jakarta: BSNP, 2006.
Pemerintah Republik Indonesia, *Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan*.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, *Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Kompetensi Guru*. Jakarta: Kemdikbud, 2014.
Y. Pratiwi, "Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa," *Jurnal Ilmu Pendidikan*, vol. 2, no. 1, pp. 22–30, 2015.
Ramayulis, *Ilmu pendidikan Islam*. Jakarta: Kalam Mulia, 2013.
C. Rochman and G. Heri, *Pengembangan kompetensi kepribadian guru*. Bandung: Nuansa Cendekia, 2016.
U. Rofa’ah, "Peran kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan prestasi belajar," *Jurnal Kependidikan*, vol. 2, no. 1, pp. 12–20, 2016.
A. Rofiq, *Profesionalisme guru dalam pendidikan*. Surabaya: Unesa University Press, 2011.
U. Sadulloh, *Dasar-dasar pedagogik*. Bandung: Alfabeta, 2011.
P. Sahertian and V. J. Satriobudi, "Pengaruh kompetensi intelektual, emosional, dan sosial terhadap kinerja guru SMA swasta di Kota Malang," *Journal of Management Studies*, vol. 3, no. 1, pp. 45–58, 2016.
W. Sanjaya, *Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan*. Jakarta: Kencana, 2019.
A. M. Sardiman, *Interaksi dan motivasi belajar mengajar*. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
A. M. Sardiman, *Motivasi belajar dan peran guru*. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
A. M. Sardiman, *Interaksi dan motivasi belajar mengajar*, ed. revisi. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2018.
A. Shoimin, *68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013*. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
D. Silitonga, M. Situmorang, and S. Sinaga, "Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar," *Jurnal Pendidikan Karakter*, vol. 11, no. 2, pp. 145–158, 2021.
S. Suaedah, "Pengaruh kompetensi profesional, kompensasi, dan disiplin terhadap kinerja guru," *SAP (Susunan Artikel Pendidikan)*, vol. 5, no. 2, pp. 34–42, 2020. doi: 10.30998/sap.v5i2.7991
Slameto, *Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya*. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sudarlan and I. Rifadin, "Pengaruh kompetensi sosial terhadap kinerja dosen di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda," *Jurnal Administrasi Pendidikan*, vol. 7, no. 1, pp. 101–112, 2016.
N. Sudjana, *Dasar-dasar proses belajar mengajar*. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.
S. Sugeng, *Kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran*. Surakarta: UNS Press, 2004.
I. N. Sugiarta, I. K. Suwatra, and I. B. Sutama, "Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran," *Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran*, vol. 20, no. 2, pp. 85–92, 2013.
Sukardi, *Metodologi penelitian pendidikan: Kompetensi dan praktiknya*. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Sutarmanto, *Profesionalisme guru dalam pembelajaran*. Surakarta: LPPM Universitas Slamet Riyadi, 2019.
H. A. R. Tilaar, *Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia*. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Pemerintah Republik Indonesia, *Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen*.
Pemerintah Republik Indonesia, *Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen*. Jakarta: Kementerian Hukum dan HAM RI, 2005.
Pemerintah Republik Indonesia, *Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional*.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 International Journal of Studies in International Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.