Emotional Intelligence and Adjustment Among First-Year University Students
DOI:
https://doi.org/10.62951/ijsie.v1i4.356Keywords:
emotion, emotional intelligence, freshmen, student adjustment, regulationAbstract
This study aims to review the role of emotional intelligence in facilitating first-year university students' adjustment. The transition from high school to college often presents significant psychological, academic, and social challenges. Based on 50 recent academic sources, it was found that students with high emotional intelligence are better able to recognize and regulate emotions, build healthy social relationships, and handle academic pressure adaptively. This study uses a systematic literature review approach with descriptive analysis. The findings indicate that emotional intelligence significantly supports student adjustment success. Therefore, emotional intelligence-based interventions should be considered in university orientation programs.
References
Afrialdy, M., Ahmad, A., & Nur Akmal. (2024). Hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik pada mahasiswa perantauan di Universitas Negeri Makassar. MAJIM, 2(8), 535–543.
Aisyah, P. (2023). Hubungan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian diri pada mahasiswa baru di Universitas Aisyah Pringsewu Tahun 2023. Pubmedia Journal of Psychology, 1(1), 1–10.
Al Farizi, R. A., & Friska, F. (2022). Hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial mahasiswa rantau dari Indonesia Timur. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(1), 45–53.
Ali, S., & Rizki, N. A. (2023). Pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri akademik terhadap penyesuaian akademik mahasiswa. Wahana Pendidikan, 9(3), 608–622. https://doi.org/10.5281/zenodo.7635555
Anjarwati, N. W., & Wahyuni, D. (2022). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri terhadap perguruan tinggi pada mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling, 2(1), 20–27.
Aprilia, S. (2024). Pengaruh regulasi emosi interpersonal dan persepsi dukungan sosial terhadap kemampuan adaptasi pada mahasiswa baru Angkatan 2024 (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya.
Ardani, D. P. (2023). Hubungan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial pada mahasiswa rantau tahun pertama (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya.
Ardiyani, A., & Rachmawati, A. (2023). Pengaruh mata kuliah kecerdasan emosional terhadap self-awareness dan self-regulation mahasiswa semester 1 Universitas Panca Sakti Bekasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 1–9.
Astutik, E. W., Anjani, N. R., & Aini, D. K. (2024). Pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar mahasiswa di UNS. Observasi, 2(2), 199–205. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i2.461
Cortés, A., & Valenzuela, P. (2022). Academic success, emotional intelligence, well-being and resilience of first-year forestry students. Forests, 13(5), 758. https://doi.org/10.3390/f13050758
Dewi, D. (2023). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan pengungkapan diri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Jurnal Empati.
Dewi, D. K. (2023). Hubungan antara kecerdasan emosional dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro di tengah pandemi Covid-19. Jurnal Empati.
Dewi, D. K. (2023). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan coping stress pada mahasiswa tingkat pertama Jurusan Musik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jurnal Empati.
Dewi, D. K. (2023). Hubungan kecerdasan emosional dan tingkat stres dengan kesehatan mental mahasiswa tingkat pertama Prodi Keperawatan. Masker Medika.
Gunawardana, K. D., & Senevirathna, R. M. (2023). Impact of emotional intelligence on academic adjustment of first-year management undergraduates of state universities in Sri Lanka. Kelaniya Journal of Human Resource Management, 18(1), 1–13.
Handayani, R. (2021). Gambaran penyesuaian diri mahasiswa baru Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun tahun akademik 2020/2021. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 635–640.
Hartono, B., & Sari, D. (2021). Hubungan antara self-regulated learning dan penyesuaian diri mahasiswa pasca pandemi. Nusantara Journal of Psychology, 3(2), 15–24.
Hutabarat, E., & Nurchayati, N. (2021). Penyesuaian diri mahasiswa Batak yang merantau di Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 45–59.
Indriani, M. D. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan sosial pada mahasiswa rantau (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya.
Isfara, B. A. (2021). Penyesuaian diri mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung terhadap lingkungan baru (pembelajaran tatap muka). Inaba Journal of Psychology, 2(2), 143–152. https://doi.org/10.6956/IJOP.v2i2.240
Isnaini, N., & Purwanti, I. (2022). Hubungan antara tipe kepribadian dengan penyesuaian diri pada mahasiswa di Jakarta. Innovative: Journal of Social Science Research, 2(5), 2182–2190.
Kurniati, K., & Hamidah, H. (2021). Pengaruh penyesuaian diri terhadap stres mahasiswa baru Fakultas Kedokteran di masa pandemi Covid19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 649–655. https://doi.org/10.2973/brpkm.v1i1.26804
Laka, M. F. (2023). Hubungan antara penyesuaian diri dan stres akademik pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi di Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Ilmiah Riset dan Kajian Psikologi, 3(1), 1–9.
Latifah, N. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan academic buoyancy mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Lestari, D. A., & Satwika, Y. W. (2018). Hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi pada siswa kelas VIII. Character, 5(2), 1–6.
Mahmud, A. D. (2017). Pengaruh religiusitas dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa perantau UIN (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi, UIN Jakarta, Jakarta.
Mamesa, J. D. (2023). Hubungan antara sense of community dan penyesuaian diri pada mahasiswa baru di Papua Barat. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 13(2), 103–111.
Mefri, Y., & Savira, I. (2020). Hubungan self-esteem dan penyesuaian diri pada mahasiswa psikologi UNP. Open Journal of Social Sciences, 6(1), 12–19.
Nainggolan, V. V., Lumapow, H. R., & Hartati, M. E. (2024). Penyesuaian diri mahasiswa perantauan di UNIMA dan hubungannya dengan kepercayaan diri. Future: Jurnal Psikologi, 3(2), 510–520.
Nugroho, A. S., & Indrawati, R. (2021). Regulasi emosi dan penyesuaian mahasiswa baru saat pandemi: Pentingkah dukungan emosional orang tua? Gadjah Mada Journal of Psychology, 7(2), 189–202. https://doi.org/10.22146/gamajop.70630
Nuryani, E. (2021). Penyesuaian diri mahasiswa baru IAIN Surakarta dalam menempuh pembelajaran online di tahun pertama perkuliahan selama pandemi Covid-19. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 182–195.
Pangesti, W. P., & Affandi, G. R. (2024). Pengaruh regulasi diri terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru. Pubmedia Journal of Islamic Psychology, 1(2), 1–15.
Pasaribu, T. R. (2021). Peran emotional quotient dalam keberhasilan penyesuaian diri di lingkungan sosial yang baru. Jurnal Nusantara, 7(2), 74–83.
Rahmadi, R., & Nugroho, M. T. (2022). Peranan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Universitas Lambung Mangkurat. Kognisia: Jurnal Psikologi, 11(2), 97–105.
Rahmah, A., & Maemunah, M. (2023). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama. Jurnal Observasi, 3(2), 123–132.
Ramadhan, A. N. (2023). Hubungan sense of humor dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru. Orbit: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 1–10.
Rasyid, A., & Kasmad, A. (2022). Gambaran penyesuaian diri pada mahasiswa awal perantau di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Konseling, 6(2), 45–53.
Rizki, N. A. (2023). Hubungan antara harga diri dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa tahun pertama di Kota Tarakan. Jurnal Psikologi, 1(1), 1–10.
Rizki, N., & Salsabila, I. A. (2023). Penyesuaian diri mahasiswa baru: Peran dukungan sosial dan kematangan emosi. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UINSA, 3(1), 287–294.
Sari, D. (2023). Hubungan tingkat kecerdasan emosional dan kemampuan komunikasi dengan proses adaptasi mahasiswa baru di Akademi Keperawatan Panti Kosala Surakarta. Jurnal Kesehatan dan Ilmu Keperawatan, 1(1), 1–10.
Sari, D. K. (2023). Pengaruh kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Psikologi, 1(1), 1–15.
Sari, D. K. (2023). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru IAKN Kupang. Jurnal Sains dan Humaniora, 1(1), 1–10.
Sari, D. K. (2024). Hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru Departemen Psikologi Universitas Negeri Padang Tahun 2024. Liberosis: Jurnal Psikologi, 1(1), 1–10.
Septiningwulan, A. E., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan peer attachment dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru Psikologi UNESA selama pandemi. Character, 8(8), 44–56.
Seskoadi, K., & Ediati, A. (2017). Hubungan kecemasan dengan penyesuaian diri pada mahasiswa Bidikmisi tahun pertama. Jurnal Empati, 6(4), 236–241.
Simanjuntak, S. T. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosional dan penyesuaian akademik mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Jurnal Psikoedukasi, 20(1), 15–25.
Sukmawati, F. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial pada mahasiswa baru. Fakultas Psikologi, Universitas Semarang, Semarang.
Sukmawati, F. (2020). Self-adjustment mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang. Psikologi Tabularasa, 15(1), 10–20.
Sukmawati, F. (2024). Peran kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Universitas Udayana yang berasal dari luar Pulau Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 1–15.
Surya, A., & Widodo, B. (2024). Gambaran penyesuaian diri mahasiswa baru Program Psikologi UNJ. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 11(1), 55–65.
Zhou, M., & Xu, Y. (2024). Emotional intelligence impact on academic achievement and psychological well-being among university students: The mediating role of positive psychological characteristics. BMC Psychology, 12, 138. https://doi.org/10.1186/s40359-024-01886-4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 International Journal of Studies in International Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.